Pages

Thursday, February 21, 2013

Kisi-Kisi SOal UN SD 2013


KISI-KISI SOAL UN SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA T.A 2012/2013


No.
Standar Kompetensi
Lulusan

Kemampuan yang Diukur

Indikator
No.
Soal

Soal
Kunci

1.



Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah.
1
  180081 – 98.245 + 163.204 = …
    a. 245.040                       c. 254.040
    b. 245.050                      d. 254.050

a

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
2
   225 : 5 × 10 = …
      a. 250                                 c.  350
      b. 450                                 d. 500
b

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
3
Hasil dari 25 × 2.453 + 1.422 = ….
      a. 61.447                           c. 87.747
      b. 62.747                           d. 96.875

b

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
4
Meli mempunyai 425 kucing anggora, 56 hamster, dan 245 kelinci. Keesokan hari kucing anggora laku dijual sebanyak 256 ekor,  hamster dijual 31 ekor dan kelinci 173 ekor. Pada hari berikutnya Meli membeli kucing anggora sebanyak 213 ekor, hamster 27 ekor dan kelinci 315 ekor. Jumlah seluruh hewan peliharaan yang dimiliki Meli adalah …
a. 726 ekor                          c. 555 ekor
b. 821 ekor                         d. 762 ekor


Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
5
Pak Mursid mempunyai mangga 6 keranjang. Setiap keranjang berisi 75 mangga. Mangga itu dibagi kepada 9 orang temannya secara merata. Setiap temannya menerima … buah mangga
a. 459                          c. 450
b. 90                           d. 50


Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa dan campuran.
6
  1∕5 +  1 18 = . . . .
a.     18∕40                    c.     1 8/40
b.    9/20                     d.     1 9 /20


Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal.

7
  0,49 + (0,72 : 0,8) – 0,5 = …
a. 0,89                        c.  0,68
b. 0,84                        d.  0,68


Siswa dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran.


8

Hasil dari
      
a. 40       b. 400       c. 4000       d. 40000


Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung (tambah dan kurang) bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal).
9
Ari, Amin dan Aco mendapat keuntungan sebesar   Rp 480.000,-. Ari mendapat 4/8 bagian dan  Amin 0,25 bagian dari keuntungan. Sisanya merupakan bagian Aco. Banyaknya uang Aco adalah....
       a. Rp 240.000,-                       c. Rp 80.000,-
       b. Rp 120.000,-                       d. Rp 60.000,-

2
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persen.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan persen.
10
Bu Ria membeli baju seharga Rp75.000,00 dan ia mendapatkan diskon 10 % dari harga pembelian . Maka jumlah uang yang dibayar    Bu Ria adalah ….
   a . Rp82500,00            c . Rp67500,00
   b . Rp65500,00            d . Rp65000,00

Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
Siswa dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka.
11
KPK dari 48, 60 dan 80 adalah . . . .
   a. 240                c. 120
   b.   12               d.   6

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan KPK.
12
Arman, Wati, dan Imran mendapat giliran piket kelas. Arman setiap 2 hari sekali, Wati setiap         4 hari sekali, dan Imran setiap 3 hari sekali. Jika pada pada Tanggal 10 mei 2012 mereka piket bersama-sama untuk pertama kalinya, maka mereka akan bertugas bersama-sama pada Tanggal....
       a. 24 Mei 2012                        c. 20 Mei 2012
       b. 22 Mei 2012                        d. 18 Mei 2012

Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB).
Siswa dapat menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka.
13
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari 36, 48 dan 54 adalah …
       a. 6                            c.  7
       b. 8                            d.  9

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan FPB.
14
Dua buah tali berwarna merah dan biru masing-masing panjangnya 91 cm dan 143 cm. Kedua tali tersebut dipotong dengan ukuran terpanjang, sehingga  masing-masing potongan sama panjang. Banyak potongan dari kedua tali tersebut adalah …
    a. 11 potong                  c. 13 potong
    b. 18 potong                  d. 21 potong

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perbandingan.
15
Berat badan Danu : Budi adalah 5 : 3. Jika berat badan Danu 30 pon lebih berat dari Budi, maka berat badan Budi adalah....
  1. 45,0 kg                        c. 24,0 kg
  b.  22,5 kg                                    d. 18,0 kg

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala.
16
Kebun Pak Arman berbentuk persegi. Jika digambar di atas kertas, panjang sisinya 7 cm dengan skala 1 : 150. Luas sebenarnya kebun Pak Arman adalah....
  1. 110,25 m2                    c. 73,5 m2
 b.   101,25 m2                    d. 72,5 m2

Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua.
17
Nilai dari 152 - √25 adalah . . . .
a.  225                                 c.  220
b.  125                                d.  120

Siswa dapat menghitung panjang sisi persegi jika diketahui luasnya.
18
Luas sebuah bangun persegi adalah 196 cm2. Panjang sisi bangun persegi tersebut adalah....
  1. 16 cm                        c. 13 cm
 b.  14 cm                         d. 12 cm




Menentukan hasil operasi  hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari- hari.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda.
19
Sebuah Museum tersimpan kris kuno ,usia kris kuno itu adalah 10 abad , 5 dasawarsa  dan 16 tahun .Usia kris kuno tersebut adalah …tahun.
   a . 6016                c . 1516
   b . 1066                d . 166


Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda.
20
Ainun mempunyai pita merah sepanjang 1,25 meter dan pita        putih sepanjang 75 cm. Panjang pita Ainun seluruhnya . . . cm
    a. 200             c.  87,50
    b.            76,25         d.  67,25













Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.
21
Sebuah truk mengankut 2,5 ton beras, 3½ kuintal jagung dan 400 pon kacang. Berat muatan truk seluruhnya adalah....
a.       3150 kg              c. 2150 kg
   b.  3050 kg               d. 2050 kg

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda.
22
Sawah Pak Aris 1½ hektar, sedang sawah Pak Harun 14,5 are. Selisih luas sawah mereka adalah....
  1. 1455 m2                       c. 12550 m2
      b. 1355 m2                         d. 13550 m2

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda.
23
Sebuah bak mandi mula-mula berisi 1,25 m3, bak tersebut  penuh setelah ditambah 340 dm3 air. Volume bak mandi  adalah . . . . liter
     a. 159                           c.   375
     b. 110                           d.   1590

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
24
Jarak kota A ke kota B adalah 54 km. Firman mengendari sepeda motor dari kota A pukul 06.50 dengan kecepatan 45 km/jam. Jika dia istirahat diperjalanan selama 45 menit kemudian melanjutkan perjalanan, maka tiba di kota B pada pukul....
  1. 08.47               c. 08.30
      b.  08.45                d. 08.12


3.

Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari- hari.

Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar.
Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.
25
Sebuah bangun datar mempunyai 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut. Dua pasang sudut lancip dan dua pasang sudut tumpul. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar. Diagonalnya tidak sama panjang. Bangun tersebut adalah....
  1. Belah ketupat  c. Trapesium
      b.  Layang-layang d. Persegi


Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan.
26
Banyak titik sudut pada gambar di bawah adalah …
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
27
Pencerminan terhadap garis P yang benar adalah....


 



Siswa dapat menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran yang ditentukan.
28
Perhatikan gambar di bawah ini!

Jika diputar 90O searah jarum jam, maka titik A dan B akan menempati titik....
a.   D dan E                     c.  C dan D        
b.   E dan F          d.  G dan H

Siswa dapat menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan.
29
Bangun di samping mempunyai sumbu simetri lipat  sebanyak . . . .
       a.    4
       b.    3
       c.    2
       d.    1

Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar.

Siswa dapat menentukan keliling dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
30
Perhatikan gambar ! Keliling bangun data di di bawah adalah …
a. 50 cm
b. 54 cm
c. 55 cm
d. 60 cm



Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
31
Taman kota berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 28 m. Keliling taman tersebut adalah....
a.       56 m                c. 144 m
  1. 88 m                d. 176 m





Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
32
Perhatikan gambar di bawah ini!
Luas gambar bangun gabungan di atas adalah....
  1. 825 cm2                       c. 605 cm2
  2. 615 cm2                       d. 65 cm2


Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang.
Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok.
33
Dari rangkaian persegi di bawah yang merupakan jaring-jaring kubus adalah gambar nomor …
a. I, II, III
b. II, III, IV
c. I, II, IV
d. I, II, IV



Menentukan volume bangun ruang.
Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar beserta ukurannya.
34
Perhatikan gambar di bawah ini!
Volume gambar gabungan bangun kubus dan balok di atas adalah....
  1. 4000 cm3                                 c. 3000 cm3
  2. 3500 cm3                                 d. 2500 cm3


Menentukan luas permukaan dari bangun ruang.
Siswa dapat menentukan luas permukaan dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dari gambar yang diberikan.
35


Luas permukaan bangun disamping adalah . . . .cm2
       a.   49
       b.   294
       c.   343
       d.   344


4.

Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar.
Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan.
36
Koordinat titik E pada diagram cartecius di samping adalah . . . .
       a.   (3 , -2)
       b.   (3 ,  2)

       c.   (-2 , 3)
       d.   (2 ,  3)











5.

Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.

Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan Diagram lingkaran.
Siswa dapat menentukan bagian data (terbanyak, terendah, selisih) yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
37

Terjadi kenaikan produksi paling banyak pada tahun....
a.       2003 – 2004                c. 2005 – 2006
  1. 2004 – 2005                d. 2006 – 2007


Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang
disajikan.
38
Diagram di samping adalah data siswa peminat olah raga di SDN Tabaringan Jumlah  siswa seluruhnya 260 siswa. Banyaknya  siswa yang berminat Voli adalah . . . .
       a.  78
       b.  65
       c.  64
       d.  52








Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan.
39
Nilai  rata-rata matematika siswa kelas VI SDN Sungguminasa  
4   5   6   6   7   6   4   7   8   5   7   8   7    5
8   9   5   7   8   4   9   6   9   6   5   4   6   8
Adalah . . . .
       a.         5,5
       b.         6,4
       c.         7,7
       d.         8,5

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan.
40
Hasil penimbangan berat badan siswa kelas VI SDN Sungguminasa sebagai berikut
28   32   27   28   27   29   30   31   32   31   33   31   26   25 
25   28   30   29   25   26   30   31   33   29   30   20   30   30
Modus data berat badan siswa adalah . . . .
       a.  28
       b.  29
       c.  30
       d.  31


0 komentar:

Post a Comment