KISI-KISI SOAL
UN SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA T.A 2012/2013
No.
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
Kemampuan yang Diukur
|
Indikator
|
No.
Soal
|
Soal
|
Kunci
|
|
1.
|
|
Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan cacah.
|
1
|
180081 –
98.245 + 163.204 = …
a. 245.040 c. 254.040
b. 245.050 d. 254.050
|
a
|
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
|
2
|
225 : 5 × 10 = …
a. 250 c.
350
b. 450 d. 500
|
b
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
|
3
|
Hasil dari 25 × 2.453 +
1.422 = ….
a. 61.447 c. 87.747
b. 62.747 d. 96.875
|
b
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
|
4
|
Meli
mempunyai 425 kucing anggora, 56 hamster, dan 245 kelinci. Keesokan hari
kucing anggora laku dijual sebanyak 256 ekor, hamster dijual 31 ekor dan kelinci 173
ekor. Pada hari berikutnya Meli membeli kucing anggora sebanyak 213 ekor,
hamster 27 ekor dan kelinci 315 ekor. Jumlah seluruh hewan peliharaan yang
dimiliki Meli adalah …
a. 726 ekor c. 555 ekor
b. 821
ekor d. 762
ekor
|
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
|
5
|
Pak Mursid mempunyai mangga 6 keranjang.
Setiap keranjang berisi 75 mangga. Mangga itu dibagi kepada 9 orang temannya
secara merata. Setiap temannya menerima … buah mangga
a. 459 c. 450
b. 90 d. 50
|
|
||||
Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan
atau pengurangan pecahan biasa dan campuran.
|
6
|
1∕5 +
1 1∕ 8 = . . . .
a. 18∕40 c. 1 8/40
b. 9/20 d. 1 9 /20
|
|
|||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal.
|
7
|
0,49 + (0,72 : 0,8) – 0,5 = …
a. 0,89 c. 0,68
b. 0,84 d. 0,68
|
|
||||
Siswa dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran.
|
8
|
Hasil dari
a. 40 b. 400 c. 4000 d. 40000
|
|
||||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung (tambah dan kurang) bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal).
|
9
|
Ari,
Amin dan Aco mendapat keuntungan sebesar Rp
480.000,-. Ari mendapat 4/8 bagian dan
Amin 0,25 bagian dari keuntungan. Sisanya merupakan bagian Aco.
Banyaknya uang Aco adalah....
a. Rp 240.000,- c. Rp 80.000,-
b. Rp 120.000,- d. Rp 60.000,-
|
|
||||
2
|
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan persen.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang menggunakan persen.
|
10
|
Bu
Ria membeli baju seharga Rp75.000,00 dan ia mendapatkan diskon 10 % dari
harga pembelian . Maka jumlah uang yang dibayar Bu Ria adalah
….
a .
Rp82500,00 c .
Rp67500,00
b .
Rp65500,00 d
. Rp65000,00
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang menggunakan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
|
Siswa dapat menentukan nilai KPK dari
tiga bilangan dua angka.
|
11
|
KPK dari 48,
60 dan 80 adalah . . . .
a. 240 c. 120 b. 12 d. 6 |
|
|||
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang menggunakan KPK.
|
12
|
Arman,
Wati, dan Imran mendapat giliran piket kelas. Arman setiap 2 hari sekali,
Wati setiap 4 hari
sekali, dan Imran setiap 3 hari sekali. Jika pada pada Tanggal 10 mei 2012
mereka piket bersama-sama untuk pertama kalinya, maka mereka akan bertugas
bersama-sama pada Tanggal....
a. 24 Mei 2012 c. 20 Mei 2012
b.
22 Mei 2012 d. 18 Mei 2012
|
|
||||
Menyelesaikan masalah yang menggunakan
faktor persekutuan terbesar (FPB).
|
Siswa dapat menentukan nilai FPB dari
tiga bilangan dua angka.
|
13
|
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari 36, 48 dan 54 adalah …
a. 6 c. 7
b. 8 d. 9
|
|
|||
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang menggunakan FPB.
|
14
|
Dua buah tali berwarna merah dan biru
masing-masing panjangnya 91 cm dan 143 cm. Kedua tali tersebut dipotong
dengan ukuran terpanjang, sehingga
masing-masing potongan sama panjang. Banyak potongan dari kedua tali
tersebut adalah …
a. 11 potong c. 13 potong
b. 18 potong d. 21 potong
|
|
||||
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan dan skala.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang menggunakan perbandingan.
|
15
|
Berat
badan Danu : Budi adalah 5 : 3. Jika berat badan Danu 30 pon lebih berat dari
Budi, maka berat badan Budi adalah....
b. 22,5
kg d.
18,0 kg
|
|
|||
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala.
|
16
|
Kebun
Pak Arman berbentuk persegi. Jika digambar di atas kertas, panjang sisinya 7
cm dengan skala 1 : 150. Luas sebenarnya kebun Pak Arman adalah....
b. 101,25
m2 d. 72,5
m2
|
|
||||
Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua.
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua.
|
17
|
Nilai dari 152 - √25 adalah . . . .
a. 225 c. 220 b. 125 d. 120 |
|
|||
Siswa dapat menghitung panjang sisi persegi jika diketahui luasnya.
|
18
|
Luas
sebuah bangun persegi adalah 196 cm2. Panjang sisi bangun persegi
tersebut adalah....
b. 14
cm d.
12 cm
|
|
||||
|
|
Menentukan hasil operasi
hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari- hari.
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda.
|
19
|
Sebuah
Museum tersimpan kris kuno ,usia kris kuno itu adalah 10 abad , 5
dasawarsa dan 16 tahun .Usia kris kuno
tersebut adalah …tahun.
a . 6016
c
. 1516
b . 1066 d . 166
|
|
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda.
|
20
|
Ainun mempunyai pita merah sepanjang 1,25 meter dan pita putih sepanjang 75 cm. Panjang pita
Ainun seluruhnya . . . cm
a. 200 c. 87,50 b. 76,25 d. 67,25 |
|
||||
|
|
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.
|
21
|
Sebuah
truk mengankut 2,5 ton beras, 3½ kuintal jagung dan 400 pon kacang. Berat
muatan truk seluruhnya adalah....
a.
3150 kg c. 2150 kg
b. 3050
kg d. 2050 kg
|
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda.
|
22
|
Sawah
Pak Aris 1½ hektar, sedang sawah Pak Harun 14,5 are. Selisih luas sawah
mereka adalah....
b. 1355
m2 d.
13550 m2
|
|
|||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda.
|
23
|
Sebuah bak mandi mula-mula berisi 1,25 m3, bak tersebut penuh setelah ditambah 340 dm3
air. Volume bak mandi adalah . . . .
liter
a. 159 c. 375 b. 110 d. 1590 |
|
|||
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
24
|
Jarak
kota A ke kota B adalah 54 km. Firman mengendari sepeda motor dari kota A
pukul 06.50 dengan kecepatan 45 km/jam. Jika dia istirahat diperjalanan
selama 45 menit kemudian melanjutkan perjalanan, maka tiba di kota B pada
pukul....
b.
08.45 d.
08.12
|
|
||
3.
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya
dalam kehidupan sehari- hari.
|
Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar.
|
Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar
berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.
|
25
|
Sebuah
bangun datar mempunyai 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut. Dua pasang sudut
lancip dan dua pasang sudut tumpul. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
Diagonalnya tidak sama panjang. Bangun tersebut adalah....
b.
Layang-layang d. Persegi
|
|
Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan.
|
26
|
Banyak titik sudut pada gambar di bawah adalah …
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
|
|
|||
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
|
27
|
Pencerminan
terhadap garis P yang benar adalah....
|
|
|||
Siswa dapat menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran yang ditentukan.
|
28
|
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Jika
diputar 90O searah jarum jam, maka titik A dan B akan menempati
titik....
a. D
dan E c. C
dan D
b.
E
dan F d.
G dan H
|
|
|||
Siswa dapat menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan.
|
29
|
Bangun di samping mempunyai sumbu simetri lipat sebanyak . . . .
a. 4 b. 3 c. 2 d. 1 |
|
|||
Menentukan luas dan keliling serta
pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling
bangun datar.
|
Siswa dapat menentukan keliling dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
|
30
|
Perhatikan gambar ! Keliling bangun data di di bawah adalah …
a. 50 cm
b. 54 cm
c. 55 cm
d. 60 cm
|
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
31
|
Taman
kota berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 28 m. Keliling taman
tersebut adalah....
a.
56 m c.
144 m
|
|
|||
|
|
|
Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
|
32
|
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Luas
gambar bangun gabungan di atas adalah....
|
|
Menentukan bentuk jaring-jaring
bangun ruang.
|
Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok.
|
33
|
Dari rangkaian persegi di bawah yang merupakan jaring-jaring kubus
adalah gambar nomor …
a. I, II, III
b. II, III, IV
c. I, II, IV
d. I, II, IV
|
|
||
Menentukan volume bangun ruang.
|
Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar beserta ukurannya.
|
34
|
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Volume
gambar gabungan bangun kubus dan balok di atas adalah....
|
|
||
Menentukan luas permukaan dari bangun ruang.
|
Siswa dapat menentukan luas permukaan dari gabungan dua bangun ruang sisi datar
(kubus dan balok) dari gambar yang diberikan.
|
35
|
Luas permukaan bangun disamping adalah . . . .cm2 a. 49 b. 294 c. 343 d. 344 |
|
||
4.
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan
dengan sifat bangun datar.
|
Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk
dari titik-titik koordinat yang diberikan.
|
36
|
Koordinat
titik E pada diagram cartecius di samping adalah . . . .
a. (3 , -2) b. (3 , 2) c. (-2 , 3) d. (2 , 3) |
|
5.
|
Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
|
Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan Diagram lingkaran.
|
Siswa dapat menentukan bagian data (terbanyak, terendah,
selisih) yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
|
37
|
Terjadi
kenaikan produksi paling banyak pada tahun....
a.
2003 – 2004 c. 2005 – 2006
|
|
Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang
disajikan.
|
38
|
Diagram di
samping adalah data siswa peminat olah raga di SDN Tabaringan Jumlah siswa seluruhnya 260 siswa. Banyaknya siswa yang berminat Voli adalah . . . .
a. 78 b. 65 c. 64 d. 52 |
|
|||
|
|
|
|
|
||
Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah.
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan.
|
39
|
Nilai rata-rata matematika siswa kelas VI SDN Sungguminasa
4 5 6 6 7 6 4 7 8 5 7 8 7 5 8 9 5 7 8 4 9 6 9 6 5 4 6 8 Adalah . . . . a. 5,5 b. 6,4 c. 7,7 d. 8,5 |
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan.
|
40
|
Hasil penimbangan berat badan siswa kelas VI SDN Sungguminasa sebagai
berikut
28 32 27 28 27 29 30 31 32 31 33 31 26 25 25 28 30 29 25 26 30 31 33 29 30 20 30 30 Modus data berat badan siswa adalah . . . . a. 28 b. 29 c. 30 d. 31 |
|
0 komentar:
Post a Comment