Pages

Sunday, February 26, 2012

Bentuk kelas tuntas berkelanjutan

Bentuk Pembelajaran Kelas Tuntas

Secara garis besar, kelas tuntas berkelanjutan terbagi menjadi: (a) Kelas tuntas berkelanjutan terbatas, dan (b) kelas tuntas berkelanjutan tidak terbatas.

(a) Kelas tuntas berkelanjutan terbatas dapat dilihat pada bagan di bawah ini:

Bagan I. Kelas Tuntas Berkelanjutan terbatas

Kelas tuntas berkelanjutan terbatas berdasarkan bagan tersebut di atas dapat dilakukan dimana setiap standar kompetensi yang kemudian mempunyai beberapa kompetensi dasar, ketika guru telah mengajarkan kompetensi dasar I kemudian melakukan evaluasi dengan syarat tuntas atau tidak yaitu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) akan diperoleh kelompok peserta didik yang tuntas dan kelompok peserta didik yang tidak tuntas. Kelompok peserta didik yang tuntas kemudian diberikan pengayaan (enrichment) sambil menunggu kelompok yang lain menuntaskan pembelajarannya. Bagi kelompok peserta didik yang ternyata tidak tuntas akan diberikan pengulangan (remedial) setelah itu dilakukan evaluasi sampai semua kelompok yang tadinya tidak tuntas dapat menuntaskan kompetensi dasar tersebut, setelah semua telah tuntas barulah secara bersama-sama kelas tersebut melanjutkan ke kompetensi dasar II dan seterusnya.

(b) Kelas tuntas berkelanjutan tidak terbatas dapat dilihat pada bagan di bawah ini:

Bagan 1. Kelas Tuntas Berkelanjutan tidak terbatas

Sistem kelas tuntas berkelanjutan tidak terbatas maksudnya adalah setelah peserta didik mempelajari suatu kompetensi kemudian dilakukan evaluasi. Ketika peserta didik telah melakukan evaluasi terdapat dua kelompok yaitu kelompok tuntas dan kelompok tidak tuntas, maka kelompok yang telah berhasil tuntas dapat segera melanjutkan untuk menguasai KD II tanpa harus menunggu kelompok yang belum tuntas, sedangkan kelompok yang tidak tuntas harus mendapatkan pengulangan (remedial) kemudian dilakukan evaluasi sampai mendapatkan ketuntasan dalam belajar kemudian barulah dapat melanjutkan ke KD berikutnya, sehingga bagi kelompok peserta didik yang dapat tuntas dengan cepat tidak terhambat oleh kelompok lain yang tidak tuntas dan dapat melaju terus menyelesaikan KD yang ada tersebut.

3 komentar:

  1. KTB (Kelas Tuntas Berkelanjutan) merupakan wujud kepedulian guru terhadap potensi setiap peserta didik, memberikan reward atas usaha belajar siswa. KTB wujud implementasi pendidikan atas dasar keadilan, sosial, dan ekonomi. Selamat ber KTB, dari Gowa untuk Indonesia. by hasbimaddi

    ReplyDelete
  2. kunjungi juga http://kkgpattallassang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Berjalan di tahun ketiga, sy penasaran melihat proses serta luaran yang tercapai setiap tahunnya pada system pendidikan ini. Menarik untuk diteliti....

    ReplyDelete