BAB I
CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP
I. Ciri-ciri khusus Hewan
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
KEGIATAN 1
1. Sebutkan Ciri-ciri Khusus yang dimiliki oleh gambar di bawah ini!
GAMBAR HEWAN PERTANYAAN
a.
Nama Hewan :………………………………
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
……………………………………………….
……………………………………………….
b.
Nama Hewan:………………………………
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
……………………………………………….
……………………………………………….
c.
Nama Hewan:………………………………
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
……………………………………………….
……………………………………………….
KEGIATAN II
Isilah Tabel di bawah ini dengan benar!
II. Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan
KEGIATAN III
GAMBAR TUMBUHAN PERTANYAAN
a.
Nama Tumbuhan :………………………..
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
……………………………………………….
……………………………………………….
b.
c.
Nama Tumbuhan:…………………………
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
Nama Tumbuhan :………………………..
Ciri-ciri Khususnya : ……………………….
………………………………………………..
………………………………………………..
Cara Hidupnya : ……………………………
………………………………………………..
……………………………………………….
……………………………………………….
……………………………………………….
KEGIATAN IV
Kerjakanlah Soal-soal di Bawah Ini!
1. Sayap kelelawar memiliki kulit yang ...............................................
2. Bagian menonjol, berbentuk garis pada telapak kaki cecak berfungsi sebagai .........................
3. Bentuk paruh yang pipih dan lebar pada bebek berguna untuk ...................................
4. Kaktus merupakan tumbuhan yang hidup di daerah .............................................
5. Tumbuhan yang termasuk pemakan serangga ialah ........................................
6. Kelelawar mencari makan pada waktu ............................................
7. Duri pada kaktus sebenarnya merupakan .........................................
8. Kantong semar dan tumbuhan kejora menangkap serangga karena serangga
mengandung banyak ....................................................
9. Makhluk hidup memiliki ciri khusus dengan tujuan ................................
10. Untuk menangkap mangsa, cecak memiliki .....................................................
B. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Mengapa kelelawar ketika terbang pada malam yang gelap tidak menabrak
pepohonan?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Jelaskan mengapa cecak dapat berjalan di dinding.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Sebutkan ciri-ciri khusus bebek.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Jelaskan proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Dapatkah kaktus hidup di daerah kita? Jelaskan.
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan V
BAB II
PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP
A. Perkembangbiakan Pada Manusia
Kegiatan I
Isilah tabel di bawah ini dengan tepat!
GAMBAR CIRI-CIRI/ PERUBAHAN PADA MASA PUBERTAS
Laki-Laki A. Perubahan Sekunder yang terjadi :
- ___________________________________
____________________________________
____________________________________
- ___________________________________
____________________________________
____________________________________
- ___________________________________
___________________________________
Perempuan B. Perubahan Sekunder yang terjadi :
- ___________________________________
____________________________________
____________________________________
- ___________________________________
____________________________________
____________________________________
- ___________________________________
___________________________________
B. Perkembangbiakan Pada Hewan
Kegiatan II
1. Perkembangbiakan Secara Generatif
Kegiatan III
GAMBAR PENJELASAN
a.
Nama tumbuhan :__________________
Cara Perkembangbiakan : ___________
________________________________
Penjelasan Singkat :________________
_________________________________
_________________________________
b.
Nama tumbuhan :__________________
Cara Perkembangbiakan : ___________
________________________________
Penjelasan Singkat :________________
_________________________________
_________________________________
c.
Nama tumbuhan :__________________
Cara Perkembangbiakan : ___________
________________________________
Penjelasan Singkat :________________
_________________________________
_________________________________
d.
Nama tumbuhan :__________________
Cara Perkembangbiakan : ___________
________________________________
Penjelasan Singkat :________________
_________________________________
_________________________________
e.
Nama tumbuhan :__________________
Cara Perkembangbiakan : ___________
________________________________
Penjelasan Singkat :________________
_________________________________
_________________________________
Kegiatan IV
A. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Perkembangbiakan secara kawin disebut juga ..............................
2. Zigot akan berkembang menjadi .....................................
3. Perubahan sik manusia paling banyak terjadi pada masa .....................
4. Mulai aktifnya alat perkembangabiakan perempuan ditandai dengan ............................
5. Pembuahan di luar tubuh terjadi ketika sel sperma dan sel telur bertemu di .................
6. Vivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan .................................
7. Cikal bakal dari tumbuhan baru adalah .......................................
8. Bertemunya serbuk sari dan kepala putik disebut ...................................
9. Cocor bebek berkembang biak dengan .........................................
10. Akar yang kurang kuat merupakan kekurangan tumbuhan hasil .......................
Soal Pilihan Ganda!
1. Pada hewan yang bertelur, embrio mendapatkan
makanan dari ....
a. kuning telur
b. induknya
c. cangkang telur
d. putih telur
2. Alat kelamin betina pada bunga adalah ....
a. mahkota
b. benang sari
c. putik
d. kelopak
3. Penyerbukan terjadi karena ....
a. bertemunya serbuk sari dan bakal
buah
b. bertemunya sel kelamin jantan
dan sel kelamin betina
c. bertemunya benang sari dan
kepala putik
d. bertemunya serbuk sari dan kepala putik
4. Penyerbukan pada bunga yang berbunga mencolok dan mengeluarkan nektar dibantu oleh ....
a. hewan c. air
b. manusia d. angin
5. Perhatikan gambar berikut.
Bagian tumbuhan yang tampak pada gambar adalah ....
a. akar
b. batang
c. tangkai
d. daun
6. Perkembangbiakkan yang memerlukan tempat dan media yang khusus adalah ....
a. setek
b. cangkok
c. geragih
d. kultur jaringan
C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Kapan manusia pertama kali mengalami pertumbuhan dan perkembangan?
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬___________________________________________________________
2. Perubahan psikologis apa yang terjadi pada masa remaja?
3. Jelaskan secara singkat perbedaan hewan ovipar dan ovovivipar.
________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apa yang dimaksud dengan menempel (okulasi)?
________________________________________________________________________________________________________________________
5. Apa perbedaan perkembangbiakan secara kawin dan tidak kawin pada tumbuhan?
BAB III
KESEIMBANGAN LINGKUNGAN
A. Aktivitas Manusia Yang Mempengaruhi Keseimbangan Lingkungan
Kegiatan I
1. Isilah tabel di bawah ini!
2. Sebutkan dan Jelaskan aktifitas manusia yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan !
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kegiatan II
1. Kegiatan berikut yang menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan adalah ....
a. menebang pohon dengan sistem tebang pilih
b. membatasi penggunaan plastik
c. membangun rumah di daerah resapan air
d. mengolah limbah sebelum di buang ke lingkungan
2. Komponen lingkungan yang jika tidak ada akan paling memengaruhi kehidupan makhluk hidup lainnya adalah ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. manusia
d. hewan dan manusia
3. Perhatikan gambar berikut.
Kegiatan tersebut akan menyebabkan....
a. hutan menjadi produktif
b. cadangan air tanah tetap
c. erosi
d. suplai karbon dioksida berkurang
4. Contoh limbah transportasi adalah ....
a. plastik
b. pestisida
c. asap kendaraan
d. limbah cair
5. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak merusak lingkungan karena ....
a. bising akibat suara ledakan
b. bahan peledak semakin banyak
c. biayanya lebih mahal
d. organisme lain ikut mati
6. Pembangunan rumah di bukit dapat menyebabkan ketidakseimbangan lingkungan karena ....
a. memiliki cadangan air melimpah
b. memiliki suplai oksigen banyak
c. memiliki pemandangan yang indah
d. menyebabkan banjir di daerah lain
7. Bagian gajah yang sering dimanfaatkan adalah ....
a. belalai c. taring
b. gading d. kulit
8. Bagian dari ular dan harimau yang sering dimanfaatkan adalah ....
a. bisa c. kulit
b. daging d. taring
9. Bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk bahan bagunan adalah ....
a. batang
b. akar
c. daun
d. pucuk
10. Hewan yang membantu petani dalam mengurangi tikus adalah ....
a. cacing
b. burung
c. harimau
d. ular
B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Jika pohon di hutan banyak ditebang, menyebabkan jumlah oksigen ...........................
2. Hutan yang rindang dapat berfungsi sebagai daerah resapan ................................
3. Keseimbangan lingkungan terganggu jika rumah dibangun di ..............................
4. Contoh limbah pertanian adalah ............................
5. Komponen lingkungan yang merupakan sumber makanan bagi hewan dan manusia
adalah ..........................
6. Pohon di hutan dapat berfungsi sebagai ..................................
7. Jika ular terus berkurang, jumlah tikus akan ...............................
8. Bahan baku kulit sepatu dapat berupa ................................
9. Meja belajar di kelasmu terbuat dari ..................................
10. Pemanfaatan kayu secara berlebihan akan menyebabkan hutan ...............................
C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Aktivitas manusia apa saja yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Mengapa jika membuang sampah ke sungai dapat merusak lingkungan?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Jelaskan hubungan antara pohon dan hewan.?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Bagian apa saja dari tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Bagian apa saja dari hewan yang sering dimanfaatkan manusia?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
BAB III
PELSTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN
A. Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah
Kegiatan I
1. Isilah tabel di bawah ini!
Kegiatan II
Isilah Tabel di bawah ini!
GAMBAR PENJELASAN
a.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
b.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
c.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
d.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
e.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
f.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
g.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
h.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
i.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
j.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
k.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
l.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
m.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
n.
Nama Hewan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
Kegiatan III
Isilah Tabel di bawah ini!
GAMBAR PENJELASAN
a.
Nama Tumbuhan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
b.
Nama Tumbuhan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
c.
Nama Tumbuhan : _________________________
Asal : __________________________________
Tempat Hidup : ___________________________
_______________________________________
Kegiatan IV
A. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Selain faktor manusia, kepunahan dapat terjadi karena .................................
2. Kebun binatang adalah contoh pelestarian .............................................
3. Bunga bangkai berasal dari daerah .........................................
4. Tumbuhan yang hanya terlihat bunganya saja ialah ....................................
5. Jenis hewan langka yang merupakan jenis harimau terakhir di Indonesia ...................................
6. Selain anoa, hewan yang terancam punah dan hanya ada di Sulawesi ialah ...................................
7. Burung yang terancam keberadaannya karena bentuk jambulnya yang menarik
ialah ................................
8. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi .......................................
9. Upaya pelestarian pada umumnya dilakukan dengan menyediakan .....................................
10. Jenis kura-kura yang baru ditemukan dan terancam punah ialah ........................................
B. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Mengapa hewan dan tumbuhan dapat terancam punah? Jelaskan.
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬-_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Sebutkan hewan yang terancam punah karena dagingnya diburu untuk dijadikan
Makanan!
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Mengapa kayu jati banyak digunakan orang?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Sebutkan minimal dua taman nasional yang ada di Indonesia!
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Jelaskan perbedaan antara pelestarian in situ dan pelestarian ex situ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
BAB V
PENGHANTAR PANAS
A. Kemampuan Benda Menghantarkan Panas
Kegiatan I
Kegiatan II
Saturday, December 5, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment