Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/1
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Indikator : Mampu
1. Menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya
2. Menemukan latar cerita dengan mengutip kalimat yang mendukung
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu :
- Menjelaskan tokoh cerita dan sifatnya;
- Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat yang mendukung.
II. Materi Ajar
- Cerita anak untuk dibacakan
III. Metode Pembelajaran
- Contoh - Latihan
- Tanya jawab - Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Bertanya jawab tentang cerita-cerita yang pernah didengar
- Menceritakan salah satu dongeng yang pernah didengar dan berkesan
B. Kegiatan Inti
- Mendengarkan pembacaan cerita ”Arti Sahabat”
- Mengidentifikasi tokoh dan watak tokoh pada cerita disertai bukti penggalan cerita
- Mengerjakan tugas membaca buku cerita
C. Kegiatan Akhir
- Menceritakan kembali cerita yang dibaca dengan kalimat sendiri
- Sementara salah satu siswa bercerita, siswa lain membuat catatan tentang tokoh dan watak tokoh.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Informasi dari berbagai media
VI. Penilaian
Bentuk tes: lisan dan tertulis
No. Aspek Penilaian Bobot Nilai
1. Mengidentifikasi pokok-pokok isi teks
a. Benar (3)
b. Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1) 5
2. Menyampaikan kembali cerita yang pernah didengar
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1) 5
No. Aspek Penilaian Bobot Nilai
Keterangan Skor maksimum 2 (3 × 5) = 30
skor perolehan
Nilai perolehan siswa = x 100
skor maksimum
Saturday, December 5, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment